maharsi

BiNusian weblog

TREN SOCIAL NETWORKING

without comments

Social networking tidak hanya digunakan untuk interaksi biasa, melainkan juga dimanfaatkan oleh organisasi-organisasi untuk mendukung strateginya baik dalam hal pemasaran, SDM, mengembangkan produk, dan lainnya. Bagaimana implementasi dan manfaatnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Setiap tahunnya, Ernst & Young merekrut lulusan universitas melalui sebuah grup yang beredar di Facebook, dimana disana tidak hanya ada terdapat informasi lowongan kerja, melainkan juga ada employer yang menjawab masing-masing pertanyaan.

Beda lagi di Hewlett Packard, dimana sekitar 50 orang eksekutif tiap pagi login ke blog mereka masing-masing untuk membicarakan mengenai lini produk mereka secara online, serta merespon langsung terhadap masalah yang dialami pelanggan. Kemudian Del Monte Pet Foods juga memanfaatkan komunitas online untuk ‘chatting’ dengan 400 pencinta binatang, yang opininya sangat membantu dalam mengembangkan produk baru.

Praktik sejenis juga dilakukan oleh Mini USA, cabang bagi lini produk BMW Mini Cooper, yang melacak segala hal yang diungkapkan mengenai merek mereka secara online, baik dalam group discussion, blog, forum, hingga MySpace dan lainnya. Selanjutnya, informasi ini dimanfaatkan sebagai panduan aktivitas promosi mereka.

Lalu bagaimana perusahaan bisa memanfaatkan collaboration tools ini dengan baik?
Tentunya perusahaan harus mempelajari mengenai bagaimana interaksi yang terjadi secara online. Namun, menurut Charlene Li, analis dari Forrester Research, masih terlalu sedikit perusahaan yang mempelajari bagaimana orang berinteraksi melalui web serta menggunakan online collaborative tools ini.

Melalui pemahaman yang baik mengenai bagaimana aktivitas interaksi online konsumen, maka perusahaan bisa mengembangkan strategi dengan tepat. Selanjutnya perusahaan bisa menentukan tujuan apa yang ingin dicapai, merencanakan bagaimana rencana perubahan hubungan dengan pelanggan serta menentukan teknologi apa yang ingin dimanfaatkan.

Menurut Joe Kraus, salah seorang director Google, ada tiga tren utama dalam hal bagaimana orang memanfaatkan internet. Pertama, proses menemukan informasi kini berubah dari aktivitas yang dilakukan sendiri menjadi aktivitas bersama. Misalnya Anda ingin menemukan informasi tertentu, Anda bisa memperoleh jawaban dengan cara posting di forum ataupun mengirimkan instant message kepada teman-teman Anda melalui Yahoo Messenger ataupun MSN. Dengan cara tersebut, hasil temuan informasi akan lebih baik dibandingkan jika Anda sendiri.

Kedua, cara kita dalam bertukar informasi juga berubah, dari aktif membagi informasi, misalnya dengan mengirim email foto kepada teman, menjadi secara pasif, misalnya meng-upload foto di Facebook dan mengirim notifikasi email kepada teman Anda. Dan ketiga, Kraus juga memandang bahwa web pada akhirnya akan menjadi social secara keseluruhan, yang menurutnya tidak akan terjadi kecuali user bisa melakukan tiga hal, yakni: punya identitas tunggal untuk login ke banyak situs, membagi data private seperti foto ataupun daftar kontak tanpa menyerahkan informasi rahasia, hingga mendistribusikan informasi melalui banyak aplikasi social.

Manfaat social media seperti Facebook (FB) untuk pebisnis atau pemilik blog ternyata sangat banyak. Salah satunya adalah menciptakan brand awareness. Manfaat lainnya adalah berguna untuk SEO maupun meningkat trafik ke blog kita.

Dan ternyata tidak hanya itu saja, buat berjualan juga bisa. Sebagai contoh misalnya anda adalah seorang penjual batik, dan mempunya account di facebook dan menceritakan tentang produk anda, maka tidak mungkin teman atau orang yang ada dalam Network anda tertarik untuk membeli.

Dengan memanfaatkan social networking, maka Anda akan bisa memperbarui cara interaksi dengan pelanggan, dan juga mendukung strategi dan tujuan organisasi Anda.

Menurut pendapat saya facebook , twitter, dan jenis Social network untuk perusahaan terutama dalam kantor tempat saya bekerja tidak banyak manfaatnya atau kurang, karena selama kami mengakses situs-situs tersebut,waktu untuk bekerja tidak maksimal dan terbengkalainya pekerjaan sehingga menghambat produktifitas karyawan oleh karena hal tersebut kami tidak diijinkan untuk mengakses situs social networking selama jam kerja.

Written by maharsi

April 17th, 2011 at 8:21 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply